Konsentrasi Pada Masa Pancaroba Rumput


by. J. Rolan B.N, Golf Course Superintendent

Mengurus rumput tidak bisa serampangan. Perlu keahlian tersendiri. Terutama, keahlian untuk memperhatikan cuaca yang menggelayut di atas padang golf. Begitu juga yang terjadi di The Taman Dayu Club. Karena cuaca juga yang akan dihadapi rumput."Sepanjang April-Juni, kita akan berhadapan dengan musim pancaroba, peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau, hal itu harus diperhatikan," kata J. Rolan B.N, Golf Course Superintendent.

Seperti juga manusia, rumput pun menghadapi masa-masa sulit saat pancaroba datang. Adaptasi rumput pada masa pancaroba, membuat rumput dalam kondisi yang lemah. Apalagi dengan tidak adanya sinar matahari yang merata dan dalam jangka waktu yang lama, membuat rumput tumbuh tidak sempurna.

Dan bila saat itu tiba, tugas Rolan dan timnya adalah menjaga kondisi rumput agar tetap sehat. "Kita akan melaksanakan program penyehatan rumput, caranya dengan mengamati lebih detail kerapatan rumput, semakin tidak rapat, semakin tidak sehatlah rumput itu," katanya. Kalau sudah seperti itu, maka semua hal akan dilakukan. Mulai pemberian pupuk hingga suplement lain yang dibutuhkan rumput.

Bagi golfer, kerapatan rumput adalah hal yang utama. Karena tingkat kerapatan rumput mempengaruhi perjalanan bola di atas green (permukaan rumput). Semakin rapat, akan semakin mulus pula bola golf meluncur di atasnya. Nah, kondisi itu yang ingin dipertahankan oleh Rolan dan tim-nya.

Meski begitu, Rolan mengaku dirinya perlu "bantuan" pada golfer untuk menjaga kondisi rumput. Yakni dengan tetap mengembalikan posisi rumput yang seringkali sedikit miring pada areal sekitar landasan bola. "Rumput disekitar jatuhnya bola akan sedikit miring, pelu bantuan golfer untuk membetulkan letak rumput, sekaligus berolidaritas pada golfer lain di belakangnya," kata Rolan. *imn

Concentrate when Grass Transition Period is coming
by. J. Rolan B.N, Golf Course Superintendent

Nursing grass is not simple thing. It takes special treatment by special skill, particularly to observe weather stretching out on golf course. It is precisely same situation as The Taman Dayu Club dealing with when the transition period comes, which gives certain impact to the grass. “Throughout April-Juni, we will be facing the transition period from rain to dry season. It must be in a very big notion”, says J. Rolan B/N, Golf Course Superintendent

Just like human, grass also faces up to the difficult time when transition period is coming. Adaptation in this season creates unwell condition for the grass moreover; less distributed ultraviolet ray in a long term, paralyses the grass and makes imperfect grow.

If it is on, Rolan and his team’s duty to keep the grass stay strong. He says, “We do grass care program by observing more detail the density. Lesser densely the grass, worse for grass quality”. If it so, all important steps will be executed, starting giving fertilizer to another supplement.

As a golfer, grass density is a main aspect because it affects the ball sliding on the green grass surface. More densely the grass, smoother it will slide. Such condition is the goal for Rolan and his team always want to achieve.

Even so, Roland admits that he asks favor from The Taman Dayu Club golfer to maintain the grass. Turn the askew position of grass to normal point, which takes place sometimes around on ball base area. “Grass will be askew surrounding ball drop area. It requires golfer’s aid to return the grass position which is at the same time gives solidarity to another golfer behind”, says Roland.